Pembinaan Perilaku Multikultural Siswa SMPN 01 Batang Anai
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk pembinaan perilaku multikultural dan implikasi pembinaan perilaku multikultural terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik penentuan objek dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu melalui cara reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan untuk memperoleh keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu teknik triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan perilaku multikultural di SMPN 01 Batang Anai dilakukan melalui kegiatan pembelajaran dari beberapa bidang studi yang diberikan kepada siswa baik didalam maupun diluar kelas seperti esktrakurikuler. Bentuk pembinaan kegiatan pembelajaran bidang studi PPkn, IPS, Bahasa Indonesia, Agama, dan BK ini dilakukan kedalam empat bentuk pembinaan yang mengacu kepada nilai-nilai multikultural yaitu pembinaan perilaku toleransi melalui kegiatan pembentukan karakter toleransi, pembinaan perilaku solidaritas melalui kegiatan ekstrakurikuler sekolah, pembinaan perilaku empati melalui kegiatan sosial, dan pembinaan perilaku keadilan melalui pemberian hak dan kewajiban yang sama diterima oleh siswa. Adapun implikasi pembinaan perilaku multikultural terhadap siswa di SMPN 01 Batang Anai yaitu meningkatnya kesadaran antar siswa dan perlakuan yang sama antar teman, serta menurunkan pertikaian antar siswa.
References
Akob, Bachtiar & Guntur Arie Wibow (2015). Pembelajaran Multikultural Pada Siswa SMP Sebagai Upaya Meningkatkan Nasionalisme. 2(1).
Ambarudin, R. I. (2016). "Pendidikan multikultural untuk membangun bangsa yang nasionalis religius." Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(1). Hlm 28-45
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.
Munadlir, A. (2016). "Strategi Sekolah dalam Pendidikan Multikultural." Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 2(2)
Ningsih, T. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran IPS Di Sekolah Confucius Terpadu SD Mulia Bakti Purwokerto Kabupaten Banyumas. Insania : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 22(2),
Riyanto, B., Prodi, D., Komunikasi, I., Slamet, U., & Surakarta, R. (2019). " Media Sosial dan Multikulturalisme." Journal Research Fair Unisri.3(1)
Rufaida, H. (2017). "Menumbahkan Sikap Multikultural Melalui Internalisasi Nilai Multikultural dalam Pembelajaran IPS." Jurnal Sosio Didakti. 4 (1)
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung
Syaifuddin, H., & Salis, R. (2020). Konstruksi Sufistik Pendidikan Multikultural Universitas Yudharta Pasuruan.9(1), 1–14.
Sulaswari, Misroh (2018). "Penanaman Pendidikan Multikultural Melalui Model Pembelajaran Modifikasi Tingkah Laku Pada Mata Pelajaran IPS." Jurnal Ijtimaya. 2(2)
Zubaedi. A. (2008). "Pendidikan Multikultural: Konsepsidan Implementasinya Dalam Pembelajaran." Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1)