Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 2 Painan Selama Pandemi Covid-19

  • Ghani Syuhada Putra Universitas Negeri Padang
  • Azwar Ananda Universitas Negeri Padang
  • Hasrul Hasrul Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang
Keywords: pembelajaran daring, google classroom, PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 2 Painan, kendala dalam penggunaan aplikasi ini dan bagaimana upaya guru mengatasi kendala dan hambatan penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran PPKn. Penggunaan aplikasi Google Classroom ini memiliki dampak yang baik bagi guru maupun peserta didik. Namun ada juga terdapat beberapa kendala dalam penggunaannya dan menyebabkan penggunaan aplikasi ini menjadi kurang optimal, sehingga dibutuhkan peran guru untuk mengelola penggunaan aplikasi dengan baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini berada di SMA Negeri 2 Painan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Classroom memiliki dampak positif dan negatif serta ada beberapa kendala yang dialami guru dan siswa selama melaksanakan pembelajaran daring.

References

Creswell, Jhon W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Baser Afhdal dan Fahmi Rizal. (2021). Dampak Positif Penggunaan Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaraan TIK di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Pengembangan. Vol. 5 No. 1 Hal. 160

Erwan Pratama Rio dan Sri Mulyati. (2020). Pembelajaran Daring dan Luringpada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal gagasan pendidikan indonesia. Vol. 1 No. 2 hal. 51

Kristina, dkk. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung. Jurnal Idarah. Vol. 4 No. 2 Hal. 201.

MoleongP Lexy PJ. P(2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Salamah IWiladatus. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 4 No.3 Hal. 535-536

Salma P Dewi. & Eveline S. (2008). Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Suhayati Ucu. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 8 No. 1 Hal.5

Trisiana Anita. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaran. Vol. 10 No. 2 Hal. 34.

Umairah Putri dan Zulfah. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Google Classroom di Tengah Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik Kelas XI IPS 4 SMAN 1 Bangkinang Kota. Journal On Education. Vol. 2 No. 3 Hal. 227

Nainggolan Aser Paul. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Classroom terhadap Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Coaching Education Sports. Vol. 1 No. 2 Hal. 23-26

Published
2022-04-12
How to Cite
Putra, G., Ananda, A., Hasrul, H., & Indrawadi, J. (2022). Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 2 Painan Selama Pandemi Covid-19. Journal of Civic Education, 5(1), 83-89. https://doi.org/10.24036/jce.v5i1.645

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.