Pelaksanaan Pembelajaran Online dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Pratama Padang

  • Hanika Gusti Sani Universitas Negeri Padang
  • Fatmariza Fatmariza Universitas Negeri Padang
  • Susi Fitria Dewi Universitas Negeri Padang
  • Irwan Hamdi Universitas Negeri Padang
Keywords: pembelajaran daring, pelaksanaan pembelajaran, nilai siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran online dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa di SMK Pratama Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran online di SMK Pratama masih berjalan kurang efektif dan efisien. Persiapan pembelajaran online baik dari guru maupun siswa di SMK Pratama masih kurang maksimal. Hal ini dikarenakan pengadaan pembelajaran online yang mendadak membuat guru, siswa, pihak sekolah ataupun orang tua siswa belum siap dalam pengadaan struktur seperti peraturan yang masih kurang jelas, penyusunan kurikulum online yag masih belum tepat, penyediaan media maupun RPP pembelajaran yang belum tepat. Selain penyediaan struktur, penyediaan infrastruktur yang mendukung pembelajaran online seperti pengadaan android, jaringan internet yang stabil, kuota internet yang dirasa mahal oleh siswa dengan perekonomian menengah kebawah dan hal lainnya juga dirasa belum tersedia secara maksimal. Selain itu motivasi belajar yang rendah menjadi salah satu faktor penghambat pembelajaran online dan berakibat buruk terhadap perolehan nilai siswa yang menjadi rendah.

References

Arifin M, Barnawi. 2014. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz-Media

Cahyani, Adhetya. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No.1

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Handarini, Okta. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Studi From Home (SFH) Selama Pandemi Civid-19. Jurnal pendidikan administrasi perkantoran (JAP) vol.8 No.3

Haryono dkk. 2021. Dampak Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Sosiologi Dimasa Pandemi Covid-19 DI SMA 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora Vol. 12 No. 1

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Published
2022-09-06
How to Cite
Sani, H., Fatmariza, F., Dewi, S., & Hamdi, I. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Online dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Pratama Padang. Journal of Civic Education, 5(3), 405-410. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.654

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.