Kapasitas Sekolah Dasar dalam Implementasi Kebijakan New Normal pada Proses Pembelajaran di SD 20 Alang Lawas Kota Padang

  • Larasati Putri Pertiwi Universitas Negeri Padang
  • Rahmadani Yusran Universitas Negeri Padang
Keywords: sekolah dasar, new normal, Alang Lawas, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisiskan kapasitas sekolah dasar dalam  implementasi kebijakan new normal pada proses pembelajaran di SDN 20 Alang Lawas Kota Padang. Kebijakan pembelajaran pada masa new normal merupakan bentuk upaya yang dilakukan pemerintah dalam pemenuhan hak peserta didik dalam memperoleh layanan pendiidikan dan meminimalisir penyebaran covid 19 disatuan pendidikan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian adalah Kepala Sekolah SDN 20 Alang Lawas, Guru kelas 1 dan 2, Komite Sekolah, serta wali murid. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kapasitas sekolah dalam mengimplementasi kebijakan pembelajaran pada era new normal ini berfokus kepada pemenuhan hak peserta didik dalam memperoleh layanan pendidikan dan pemenuhan dukungan psikososial pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik dan orang tua peserta didik, serta menjaga satuan pendidikan dari dampak buruk covid-19.Selama pelaksanaan pembelajaran tata muka pada masa new normal ini membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai agar proses pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, baik yang belajar secara tatap muka maupun luring. Hal ini terlihat dengan belum optimalnya pelaksanaan kebijakan serta rendahnya kemampuan guru dalam memenuhi hak peserta didik mendapatkan layanan pendidikan

References

Nugroho, R. 2014. Public Policy. Jakarta: Elex Media Komputindo Wahab, Abdul. 2014. Analisis Kebijakan Dari Formulasi Ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara

Winarno, B. 2012. Kebijakan Publik (Teori,

Proses, dan Studi Kasus). Jakarta: Buku Seru

Mulyadi, D. 2015. Studi Kebijakan PublikDan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta

Wahab, Solichin A. 1991. Analisis Kebijakan Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijakan. Jakarta: Bumi Aksara Mukhid, Abdul. 2007. Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Sistem Pembelajaran Yang Tepat. Tadris: Volume 2, Nomor 1

Peraturan Wali Kota Padang No 49 tahun 2020 Pola Hidup Baru Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

Peraturan Wali Kota Padang No.79 tahun 2020 tentang PelaksanaanPembelajaran Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 Tahun 2020/2021

Published
2022-04-12
How to Cite
Pertiwi, L., & Yusran, R. (2022). Kapasitas Sekolah Dasar dalam Implementasi Kebijakan New Normal pada Proses Pembelajaran di SD 20 Alang Lawas Kota Padang. Journal of Civic Education, 5(1), 45-51. https://doi.org/10.24036/jce.v5i1.657

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.