Persepsi Guru Terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Satu Lembar di SMP Negeri Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan
Abstract
Penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran menjadi satu lembar merupakan salah satu poin dari kebijakan merdeka belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap persepsi guru di SMP Negeri Sutera Kabupaten Pesisir Selatan terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran satu lembar. Penelitian ini adalah penelitian deskripstif dengan populasi sebanyak 83 orang guru. Sampel diambil secara total sampling yaitu sebanyak 83 guru. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dengan penilaian Skala likert, yang terdiri dari 4 pilihan jawaban dengan 30 butir pernyataan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa persepsi guru di SMP Negeri Kecamatan Sutera terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran satu lembar tergolong dalam kategori baik. Hail ini ditujukan oleh hasi pengolahan data bahwa skor rata-rata keseluruhan per indikator masing-masing sub variabel pencapaian aspek pengetahuan sebesar 63,27%, pelaksanaan penyusunan sebesar 68,45% dan penilaian sebesar 62,77%. Secara keseluruhan skor rata-rata keseluruhan per sub variable diperoleh sebesar 64,83%.
References
Giatman, M., Antoni, A., Syahril, S., & Maksum, H. (2018). Pengembangan Kompetensi Produktif Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN I Guguak Kabupaten 50 Kota. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(1),19–24.
Johnson, A. P. (2000). It’s Time for Madeline Hunter to Go: A New Look at Lesson Plan Design. Action in Teacher Education, 22(1), 72–78.
Permendikbud Nomor 22 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1 (2016).
Kuntyassari Ayuning Ameilia, & Agustin, H. (2014). Hubungan antara Persepsi Terhadap Lingkungan Kerja dengan Kepuasan Kerja pada Karyawan Radio Jaringan Cipta Prima Pariwara Radionet Semarang. Proyeksi, 9(2), 49–60.
Lubis, S. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Sukabina Pers.
Maria Melani Ika Susanti. (2019). Perbedaan Persepsi Guru Sekolah Dasar Berdasarkan Lama Mengajar Tentang Kurikulum 2013. ELEMENTARY, 1(2), 12–21.
Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, 1–12.
Sudaryono. (2018). Metode Penelitian (2nd ed.). Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Suprihatiningrum. (2016). Guru Profesional: Pedoman Kerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru/Jamil. Ar-Ruzz Media.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tentang Guru Dan Dosen. (2005).