Evaluasi Kebijakan Pencegahan Stunting di Nagari Pulakek Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan

  • Dian Permata Sari Universitas Negeri Padang
  • Rahmadani Yusran Universitas Negeri Padang
Keywords: evaluasi, kebijakan publik, surveilans gizi, stunting, Solok Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebijakan pencegahan stunting di Nagari Pulakek Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan.Implementasi kebijakan pencegahan stunting dilakukan dalam bentuk intervensi spesifik berupa program surveilans gizi. Narasumber penelitian ini ditetapkan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara wawancara, studi dokumentasi dilapangan serta melakukan tahap reduksi data untuk selanjutnya dapat ditarik kesimpulan yang akurat dari data yang telah dikumpulkan. Berdasarkan hasil penelitian menemukan bahwa pelaksanaan kebijakan pencegahan stunting di Nagari Pulakek Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan belum optimal dilaksanakan karena belum optimalnya pelaksanaan teknis surveilans gizi di Posyandu dikarenakan masih kurangnya kesadaran dan pemahaman ibu balita mengenai pentingnya memberikan pola asuh yang baik dan benar, Rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam mengikuti kegiatan di posyandu. Keterbatasan anggaran dan tenaga kesehatan dalam pencegahan stunting Kurangnya konsistensi pemerintah dalam pencegahan, kurangnya inovasi dari pemerintah daerah, kurangnya dukungan antar OPD dan lembaga terkait pencegahan stunting. Dinas Ketahanan pangan yang hanya focus pada masalah kerawanan pangan secara umum serta sumber daya manusia kesehatan yang belum memadai serta belum merata.

References

Agustino, Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Febrian & Yusran. 2021. Koordinasi Dalam Implementasi Kebijakan Pencegahan Stunting di Kota Padang. Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP). 3, 11–21.

Iqbal dan Yusran. 2021. Upaya Konvergensi kebijakan Pencegahan Stunting di Kota Padang. Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP). 3.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Situasi Balita Pendek. ACM SIGAPL APL Quote Quad, 29(2), 63–76.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Laporan Pelaksanaan Integrasi Susenas Maret 2019 Dan SSGBI Tahun 2019. Pusat Penelitian dan Pengembangan Upaya Kesehatan Masyarakat, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Badan Pusat Statistik: Jakarta.

Kementerian Kesehatan Republic Indonesia. 2020. Pedoman Pelaksanaan Teknis Surveilans Gizi. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 23 Tahun 2014 tentang Upaya Perbaikan Gizi

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Teknis Surveilans Gizi

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 21 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2020 - 2024

Winarno, Budi. 2014. Kebijakan Public, Teori, Proses Dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS

Published
2022-04-12
How to Cite
Sari, D., & Yusran, R. (2022). Evaluasi Kebijakan Pencegahan Stunting di Nagari Pulakek Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Journal of Civic Education, 5(1), 90-100. https://doi.org/10.24036/jce.v5i1.661

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.