Strategi Penguatan Karakter Nasionalisme Melalui Pembelajaran PPKn Siswa Kelas XI di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penguatan karakter nasionalisme, kendala guru PPkn dalam melaksanakan strategi penguatan karakter nasionalisme di kalangan siswa kelas XI dan upaya yang dihadapi guru PPKn dalam melaksanakan strategi penguatan karakter nasionalisme di kalangan siswa kelas XI melalui pembelajaran PPKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan penelitian yaitu wakil kesiswaan, guru PPKN kelas IX dan siswa kelas IX. Teknik analisis data yaitu analisis data kualitatif Miles dan Hiberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penguatan karakter nasionalisme melalui pembelajaran PPKn siswa kelas XI dilakukan dengan menggunakan strategi discovery learning, metode ceramah, metode pemberian tugas, metode diskusi dengan disisipi materi menegenai karakter nasionalisme selama proses pembelajaran. Kendala yang dihadapi selama melaksanakan strategi penguatan karakter nasionalisme siswa keals XI yaitu kurangnya motivasi belajar siswa, kurang memahami materi dengan baik, guru kurang memahami materi dengan baik dan contoh yang diberikan oleh guru masih sedikit dan sosialisasi nilai-nilai karakter nasionalisme masih kurang. Upaya yang dilakukan untuk penguatan karakter nasionalisme siswa kelas XI melalui pembelajara PPKn yaitu perlunya kerjasama dengan orang tua, memanfaatkan media di internet, dan melakukan sosialisasi nilai karakter nasionalisme kepada siswa.
References
Anggita, Linda. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme melalui pembelajaran IPS dan Budaya Sekolah. (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gempol Pasuruan). Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Anisa Tri Utami, Erfahmi. 2020. Fenomena Remaja dalam Masa Transisi. Jurnal Seni Budaya
Afifah, Lu’luul Millati. 2020. Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Nasionalisme Pada Siswa MI Nurul Huda Bakalan Bululawang Malang. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol 2 No 2
Arfadila. 2021. Penanaman Nilai Nasionalisme Kebangsaan Pada Siswa SD Muhammadiyah Muntok Bangka Barat. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 1 No.1
Bulan, Wahida R. 2020. New Normal dan Tantangan Penanaman Nasionalisme Pada Pelajar. Prosiding Seminar Nasional Unimu, Vol 3
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N.A. 2017. Pengembangan Nilai Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, Vol 6 No. 2
Miritno, Sofilatur Istiqomah. 2021. Implementasi Nilai-Nilai Nasionalisme Untuk Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik Muatan Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Se-Gugus 02 Gondokusuman. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol 7 No 2
Rawantina, Novitasari Iriane. 2013. Penanaman Nilai Nasionalisme Dan Patriotisme Untuk Mewujudkan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo. Kajian Moral dan Kewarganegaraan No 1 Vol 1
Riska, Dwi Fitria. 2020. Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PPKn di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education. Vol 1, No 2
Santoso, 2020. Urgensi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES