Pengembangan Media Pembelajaran Vidio Animasi dengan Aplikasi Adobe After Effect Berbasis Pendekatan Saintifik Kelas IV
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi serta menciptakan produk terbaru sesuai perkembangan zaman. “Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) menggunakan 4-D untuk mengembangkan model. Ini meliputi fase-fase definisi, desain, pengembangan dan penyebaran). Hasil yang ditunjukkan dalam penelitian ini adalah menggunakan Adobe After Effects app Media Video Animasi Topik 7 (Keindahan Keberagaman Negeri Kita), Subtema 3 (Keindahan Persatuan dan Kesatuan Negeri Kita) Pembelajaran 3 dan 4 berlaku di sekolah dasar dengan skor rata-rata 100% Validator Ahli Media, 94% Validator Ahli Materi, dan 90%. Validator Ahli Bahasa. Respon guru SD dan siswa di SDN 16 Air Tawar Timur terhadap Uji Coba Media Video Animasi menggunakan aplikasi Adobe After Effects untuk Topik 7 Sub-Topik 3 Pembelajaran 3 dan 4 sangat praktis, dengan rata-rata 95 % tanggapan guru dan 91% tanggapan siswa.
References
Apriansyah, MR, Sambowo, KA, Maulana, Arris. 2020. Development of Learning Media Animated Building Materials Science Course In The Undergraduate Course Of Engineering Education Building State University Of Jakarta. Jurnal pendidikan teknik sipil (Jpensil) 9(1).
Daryanti, Desyandri, and Fitria. 2019. Peran Media Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 1(3): 215–21.
Ermon, Isra Dumiati Reinita reinita. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Value Clarification Technique ( VCT ) Example Di Kelas V SD .Jurnal Handayani 12(2): 1–6.
Habib, Ahmad, I Made Astra, and Erry Utomo. 2020. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru Dan Siswa Sekolah Dasar Pembelajaran Sesuai Konteks Pembelajaran Abad 21. Teknologi Hanya Terjadi Untuk m Encapai Tujuan Pembelajaran Efe. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan 3(1): 25–35.
Purwanto. (2012). Metedologi Penelitian Kuantitatif Untuk Peikologi Dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Reinita. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. Journal of Moral and Civic Education, 4(2): 88–96. Journal of Moral and Civic Education
Ribawati, Eko. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. jurnal Candrasangkala 1(1).
Riduwan & Sunarto. (2012). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara