Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PPKn di SMP N 7 Padang

  • Fadil Rahman Rezhki Universitas Negeri Padang
  • Maria Montessori Universitas Negeri Padang
  • Azwar Ananda Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Teknologi Informasi dan Komunikasi, PPKn, pandemi covid-19

Abstract

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah menjadi kebutuhan dalam proses belajar-mengajar di sekolah khususnya di era digital ini demi terciptanya pembelajaran yang optimal, salah satunya pada pembelajaran PPKn. Pada masa pandemi Covid 19 pelaksanaan pembelajaran berubah dari pembelajaran tatap muka beralih menjadi pembelajaran daring atau Pembelajaran Jarak Jauh. Oleh karena itu hadirnya TIK menjadi salah satu solusi agar kegiatan pembelajaran tetap berjalan pada masa pandemi. Artikel ini bertujuan untuk membahas bagaimana pemanfaatan TIK dalam pembelajaran PPKn di SMP N 7 Padang. Kemudian mengetahui kendala yang dihadapi guru dan siswa, serta upaya guru dan siswa dalam mengatasi kendala-kendala tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan studi Dokumentasi mengenai Pemanfataan TIK dalam pembelajaran PPKn. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran PPKn di SMP N 7 Padang menggunakan media Geschool, WhatsApp Grup, dan Youtube. Kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam pemanfaatan TIK yaitu server Geschool Error, waktu pembelajaran yang singkat, guru tidak dapat memantau siswa secara lansung, dan keterampilan dalam menggunakan teknologi minim. Dengan demikian, upaya yang dilakukan guru dan siswa dalam mengatasi kendala tersebut yaitu dengan pemberian kuota internet, mengadakan lokakarya pemanfaatan aplikasi, serta dengan mengoptimalkan penggunaan aplikasi-aplikasi belajar di atas.

References

Munadi, Yudhi. 2014. Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Rahmadi, Imam Fitri. 2019. “Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21”. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol (1).

Sutopo, Ariesto Hadi. 2012. Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahim, M. Y. 2011. Pemanfaatan ICT sebagai media pembelajaran dan informasi pada UIN Alauddin Makassar. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 127-135.

Ritonga, Nurhakima. (2017). Analisis Penggunaan Media Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Proses Pembelajaran Biologi Di SMPN Se-Kec. Medan Kota. Cahaya Pendidikan, 3(2):77-87

Kwartolo, Y. 2010. Teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, 14(9), 15-43.

Published
2022-09-06
How to Cite
Rezhki, F., Montessori, M., Ananda, A., & Indrawadi, J. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PPKn di SMP N 7 Padang. Journal of Civic Education, 5(3), 388-396. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.698

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.