Partisipasi Mahasiswa Pecinta Alam dalam Mengimplementasikan Karakter Nasionalisme

Studi Deskriptif Mahasiswa Pecinta Alam Krakatau Untirta

  • Firdausy Honora Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Dinar Sugiana Fitrayadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Qotrun Nida Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: partisipasi, mahasiswa pecinta alam, nasionalisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi Mapala Krakatau selaku generasi muda melakukan hobinya sembari melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tujuan peneliti memilih metode deskriptif untuk dapat mengegambarkan permasalahan yang di alami selama proses mengimplementasikan karakter nasionalisme. Tempat yang dilakukan dalam penelitian ini yakni di Kampus Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang bertempat di Cilegon-Banten. Responden pada penelitian kali ini yakni Ketua Mapala Krakatau, Koordinator Mapala Krakatau dan Anggota Mapala Krakatau. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa bentuk kegiatan yang dilakukan Mapala Krakatau sangat beragam, dan untuk terlaksananya kegiatan tersebut dibutuhkannya partisipasi dan kerjasama dari setiap anggota dan pengurus. Partisipasi yang dilakukan bisa berupa memberikan ide atau gagasan, serta melaksanakan kewajibanya. Mapala Krakatau selaku generasi muda penerus bangsa juga harus dapat mempertahankan karakter nasionalismenya agar tidak menurun, mempertahankannya dengan cara melakukan kegiatan yang positif, dan pada saat melakukan kegiatan pastikan sudah memahami ilmunya, melaksanakan sesuai peraturan yang berlaku, tetap mematuhi kode etik dan SOP yang berlaku.

References

Al-Hakim, Suparlan, Dkk. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan Konteks Indonesia. Malang: UM Press

Amelia, Miya. (2019). Analisis Partisipasi Perempuan Dalam Partai Politik. Skripsi. FKIP Untirta

Anwar, Chairul. (2014). Internalisasi Semangat Nasionalisme Melalui Pendekatan Habituasi. Vol.14. No.1. Jurnal Studi Keislaman. 160.

Arif, Azizil. (2019). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Arofah, Norwegia Rohmawati. (2019). Pengaruh Civic Knowledge Dan Civic Disposition Terhadap Penyiapan Mahasiswa Menjadi Warga Negara Global Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Belladonna, Poppy Aprilio Dan Anggraeni Selly Novia. (2019). Penguatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Indonesia. Vol.3. No.2. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 205.

Desmawangga, Christopher. (2013). Studi Tentang Partisipasi Mahasiswa Program Studi Administrasi Negara Dalam Organisasi Kemahasiswaan Di FISIP Universitas Mulawarman. Jurnal Administrasi Negara Vol. 1. No.2.

Faozan Tri Nugroho (2021). Macam-Macam Bentuk Nasionalisme Lengkap Beserta Penjelasan, Ketahui Tujuan dan Ciri-Cirinya. Diakses dari https://www.bola.com/ragam/read/4560026/macam-macam-bentuk-nasionalisme-lengkap-beserta-penjelasan-ketahui-tujuan-dan-ciri-cirinya,

Hendriansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Heru Margianto (2019). Pentingnya Nasionalisme di Era Modern. Diakses dari https://fisib.unpak.ac.id/berita/pentingnya-nasionalisme-di-era-indonesia-modern,

Hidayat, Muhamad Ridzi dan Masykur, Achmad Mujab. (2017). Pengalaman Menjalani Ekspedisi Internasional. Jurnal Empati Vol.6. No.4.

Hidayatun (2015). 10 Kegiatan Outdoor yang Sering Dilakukan Para Pecinta Alam Indonesia. Diakses dari https://hidayatn788.wordpress.com/2015/02/02/10-kegiatan-outdoor-yang-sering-dilakukan-para-pecinta-alam-indonesia/amp/,

Kartikasari, Fanty. (2017). Kemelekan dan Partisipasi Mahasiswa Terhadap Aktivitas Universitas Airlangga. Jurnal Unair. Vol.6. No.3.

Koesoema, Doni. (2015). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Kanisius

Kurniawan, Machful Indra. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Vol.4. No.1. Jurnal Pedagogia. 42-44.

Marina, Rizka dan Dewi, Susi Fitria. (2018). Partisipasi Mahasiswa Dalam Berorganisasi Di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Vol.1. No.2. Jurnal Civic Education. 171-172.

Moleong, Lexy J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nisa, Nida Ainun. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Pembelajaran Sejarah Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Rahardjo, Retno Jannette. (2018). Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Menegmbangkan Karakter Nasionalisme. Skripsi. FKIP Untirta

Rangga Wicaksono (2021). Lunturnya Rasa Nasionalisme di Kalangan Pelajar Hingga Mahasiswa. Diakses dari https://www.kompasiana.com/rangga13651/60bc7c3fd541df0d66054272/lunturnya-rasa-nasionalisme-di-kalangan-pelajar-hingga-mahasiswa,

Ratna Sanjiyanti (2017). Nasionalisme Mahasiswa. Diakses dari https://www.kompasiana.com/amp/makhunzi/nasionalisme-mahasiswa_596201277cb86405b17d6372,

Putri Radila (2019). Empat strategi meningkatkan nasionalisme di kalangan generasi muda. Diakses dari https://www.ganto.co/berita/3708/empat-strategi-meningkatkan-nasionalisme-di-kalangan-generasi-muda.html,

Trianto, Pramudya Kurniawan dan Kartikasari, Maya Mustika. (2019). Tingkat Nasionalisme Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Oni-Giri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Vol.7. No.2. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 332.

Yuniarti, Desak Made. (2020). Konsep Tri Karana Bagi Anak Usia Dini. Batu: Literasi Nusantara.

Published
2022-06-29
How to Cite
Honora, F., Fitrayadi, D., & Nida, Q. (2022). Partisipasi Mahasiswa Pecinta Alam dalam Mengimplementasikan Karakter Nasionalisme. Journal of Civic Education, 5(2), 165-174. https://doi.org/10.24036/jce.v5i2.713

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.