Implementasi Kebijakan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting Berbasis Nagari di Nagari Kajai Pasaman Barat

  • Aprillia Kinanti Universitas Negeri Padang
  • Rahmadani Yusran Universitas Negeri Padang
Keywords: implementasi, kebijakan, pencegahan, penanggulangan

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi kebijakan pencegahan dan penanggulangan stunting berbasis nagari di Nagari Kajai Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik informan penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi, dan penelitian ini dilakukan di Nagari Kajai Kabupaten Pasaman Barat. Hasil penelitian ini mengenai implementasi yang belum optimal dari Kebijakan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting di Nagari melalui aspek kepentingan yang terpengaruhi oleh kebijakan, Manfaat dalam lingkup Lingkungan dan Ekonomi Sosial, Derajat Perubahan Kebijakan Implementasi, Kedudukan dalam Implementasi Kebijakan, Karakteristik dan Agen Pelaksana Kebijakan, dan Sumber Daya Organisasi Untuk Implementasi Program yang dirujuk menurut teori Grindle, diiringi dengan melihat faktor-faktor yang menjadi pendukung serta penghambatnya berdasarkan aspek-aspek tersebut.

References

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Mulyadi, D. (2016). studi kebijakan publik dan pelayanan publik. Bandung: Alfabeta.
Wahab, Abdul & Solichin. (2008). Analisis Kebijaksaan dari formulasi ke implementasi kebijakan negara. Jakarta: Bumi Aksara.
Mitra. 2015. Permasalahan Anak Pendek (Stunting) dan Intervensi untuk Mencegah Terjadinya Stunting (Suatu Kajian Kepustakaan). Jurnal Kesehatan Komunitas, Volume 2 Nomor 6.
Peraturan Bupati Kabupaten Pasaman Barat Nomor 34 Tahun 2019 tentang Konvergensi Pencegahan dan Penanggulangan Stunting di Nagari.
Published
2022-08-24
How to Cite
Kinanti, A., & Yusran, R. (2022). Implementasi Kebijakan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting Berbasis Nagari di Nagari Kajai Pasaman Barat. Journal of Civic Education, 5(3), 293-300. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.720

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.