Pengaruh Media Quizizz terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn

Quasy Eksperiment pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Kota Serang

  • Rani Oktaviani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Wika Hardika Legiani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Febrian Alwan Bahrudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: quizizz, motivasi belajar siswa, PPKn, Kota Serang

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi belajar siswa, serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media quizizz terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan memakai metode “quasi eksperimental”. Populasi penelitian ini ialah kelas X SMA Negeri 4 Kota Serang dengan jumlah 444 siswa. Diambil sampel sebanyak dua kelas yakni X IPA 2 kelas kontrol serta X IPA 5 kelas ekperimen yang masing-masing berjumlah 36 sampel siswa, dengan jumlah total sampel antara kedua kelas yaitu 72 sampel. Teknik pengambilan data yang dipakai ialah angket. Teknik analisis data yang dipergunakan yaitu statistic inferensial. Hasil penelitian ini memperlihatkan media quizizz berpengaruh pada motivasi belajar siswa pada pembelajaran PPKn kelas X SMA Negeri 4 Kota Serang, dan terdapat perbedaan motivasi belajar siswa dengan nilai independent T-test yang didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil motivasi belajar siswa. Dan juga untuk regresi linear hasil analisis data nilai signifikansi pada variabel aplikasi quizizz yang memperlihatkan nilai Thitung> Ttabel  yakni (4,041 > 1,689), data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan media aplikasi quizizz terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn.

References

A.M, Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, S. 2014. Prosudur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azra, H. d. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Jakarta: Prenada Media Group.

B. Uno, H. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Daryono. 2011. Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, D. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rivai, S. D. 2013. Media pengajaran. bandung: Sinar baru Algensindo.

Sardiman, A. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfafeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibin. 2017. Psikologi Belajar. Depok: Raja Grafindo Persada.

Published
2022-08-24
How to Cite
Oktaviani, R., Legiani, W., & Bahrudin, F. (2022). Pengaruh Media Quizizz terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn. Journal of Civic Education, 5(3), 310-319. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.742

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.