Implementasi Layanan Pendidikan pada Aplikasi Tangerang Live dalam Menunjang Pelayanan Pendidikan di Kota Tangerang

  • Muhammad Nur Asfa Rizqi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Dinar Sugiana Fitrayadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Qotrun Nida Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: pelayanan publik, good governance, aplikasi Tangerang Live

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang dalam menunjang pelayanan pendidikan di Kota Tangerang, untuk mengetahui reaksi/respon masyarakat pengguna Aplikasi Tangerang Live dengan adanya layanan pendidikan pada Aplikasi Tangerang Live, serta untuk mengetahui Faktor Faktor pendorong dan penghambat pemerintah Kota Tangerang terutama Diskominfo dalam menjalanankan layanan pendidikan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Informan dari penelitian ini yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang, Dinas Pendidikan, serta Masyarakat Kota Tangerang. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dalam menunjang pelayanan pendidikan di Kota Tangerang, pertama bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, kedua yaitu dengan pengoptimalan sumber daya yang tersedia, ketiga yaitu memberikan pengenalan kepada masyarakat Kota Tangerang. Sebagian besar masyarakat Kota Tangerang sangat setuju dan mendukung dengan adanya layanan pendidikan pada Aplikasi Tangerang Live. Faktor pendorong keberlangsungan layanan pendidikan pada Aplikasi Tangerang Live, pertama terdapat tujuan yang jelas serta terdapat beberapa dukungan dari berbagai, terdapat pula faktor penghambat, diantaranya masih banyaknya ketidaktahuan masyarakat dengan adanya layanan pendidikan pada Aplikasi Tangerang Live, serta biaya pemeliharaan yang sangat tinggi.

References

Aulia, Rsika, Iman Mukhroman, and Uliviana Restu. Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Tangerang Via Aplikasi Tangerang Live Dalam Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat Di Kota Tangerang. Diss. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2019.

Basri, Muhammad. Budaya Mutu Dalam Pelayanan Pendidikan. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan 1.2 (2011).

Efendi, Moch Rizal. Prinsip Penerapan Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Mengen Smart Di Desa Mengen Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso. Diss. Universitas Muhammadiyah Jember, 2021.

Havianto, Alvin. Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Deskriptif tentang Strategi Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik). Diss. Universitas Airlangga, 2013.

Mahsyar, Abdul. Masalah pelayanan publik di Indonesia dalam perspektif administrasi publik."Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan 1.2 (2011).

Maulana, Fauzan. Inovasi Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman (Studi Kasus Pelayanan E-Ktp Keliling). Diss. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2020.

Pemanfaatan Aplikasi Tangerang Live. (n.d). https://www.pelita banten.com/16335/2017/10/03/ayo-manfaatkan-aplikasi-tangerang live/amp/

Philadhelphia, Istiqomah Shinta, Sri Suryaningsum, and Sriyono Sriyono. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Standar Akuntansi Pemerintah, Good Governance, Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. J-ISCAN: Journal of Islamic Accounting Research 2.1 (2020): 17-35.

Ramadhan, Restu, Ria Arifianti, and Riswanda Riswanda. "Implementasi E-Government di Kota Tangerang Menjadi Smart City (Studi Kasus Aplikasi Tangerang Live)." Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik 2.4 (2019): 140-156.

Rosyidah, Ibtisamah Nur. Efektivitas komunikasi humas pemkot tangerang dalam implementasi aplikasi “Tangerang Live”. BS thesis. Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, 2017.

Sinambela, Lijan Poltak. "Reformasi pelayanan publik: teori, Kebijakan dan implementasi." (2019).

Siradjuddin, Hairil Kurniadi. Implementasi Prototype Aplikasi E-Konseling Untuk Menunjang Pelayanan Konseling Berbasis Jejaring Sosial. IJIS-Indonesian Journal On Information System 2.2 (2017).

Sonia, Nur Rahmi. Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Education 1.1 (2020): 94-104.

Undang Undang No 23 Tahun 2014 tetang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Published
2022-09-07
How to Cite
Rizqi, M., Fitrayadi, D., & Nida, Q. (2022). Implementasi Layanan Pendidikan pada Aplikasi Tangerang Live dalam Menunjang Pelayanan Pendidikan di Kota Tangerang. Journal of Civic Education, 5(3), 411-418. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.772

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.