Media Sosial Tiktok dan Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

  • Enggar Pratiwi Universitas Jambi
  • Irzal Anderson Universitas Jambi
  • Tohap Pandapotan Simaremare Universitas Jambi
Keywords: Tiktok, Motivasi belajar

Abstract

ABSTRACT

This research is based on the author findings at SMA Negeri 7 Tebo that the level of social media users of Tiktok at SMA Negeri 7 Tebo is quite high. This affects students learning motivation where it is found that some students are lazy to learn due to addiction to playing Tiktok. This study aims to determine the effect of Tiktok social media on motivation to learn Pancasila and Citizenship education at SMA Negeri 7 Tebo. The research method used is quantitative research which is correlational. Data collection techniques using questionnaires to 165 resondents. The data analysis technique is simple linear regression with the help of the SPSS program. Based on data analysis, the result of this study are that there is a relationship between social media Tiktok on motivation to learn Pancasila and Citizenship education which can be seen based on Fcount value of 21,197 with a significance level of 0,000 < 0,05 (α=5%), and it can be seen from the value tcount ≥ ttable which is 4,605 > 1,654 in a negative direction. This shows that H0 is rejected and Ha is accepted or in other words there is a negative influence between the social media variables of Tiktok (X) on the variables of motivation to learn Pancasila and Citizenship education (Y) in SMA Negeri 7 Tebo students. The magnitude of the influence given is 11,5%, while the rest is influenced by other factors outside of this research variable.

Keywords: tiktok, motivation to learn

ABSTRAK

Penelitian ini dilandasi dari temuan penulis di SMA Negeri 7 Tebo bahwa tingkat pengguna media sosial Tiktok siswa/i SMA Negeri 7 Tebo cukup tinggi. Hal ini mempengaruhi motivasi belajar siswa, dimana ditemukan beberapa siswa yang malas belajar akibat kecanduan bermain Tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial Tiktok terhadap motivasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 7 Tebo. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket kepada 165 responden. Teknik analisis data yaitu regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS. Berdasarkan analisis data, hasil dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara media sosial Tiktok dengan motivasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa yang dapat dilihat berdasarkan nilai Fhitung sebesar 21,197 dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05 (α=5%), dan dapat dilihat dari nilai thitung ≥ ttabel yaitu 4,604 > 1,654 dengan arah negatif. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain terdapat pengaruh secara negatif antara variabel media sosial Tiktok (X) terhadap variabel motivasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Y) pada siswa SMA Negeri 7 Tebo. Besarnya pengaruh yang diberikan yaitu sebesar 11,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian ini.

Kata kunci: tiktok, motivasi belajar

References

Andriani, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Motivation as Determinant Student Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Anwar, C. (2017). Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. IRCiSoD.
Hutajulu, C. S. M., & Herman. (2022). Peran Aplikasi Tiktok terhadap Minat Belajar Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3002–3010.
Hutamy, E. T., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Peserta Didik. Pendidikan Dompet Dhuafa, 11(2018), 21–26.
Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal IImiah Society, 1(1), 1–10.
Sardiman. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sudarti, D. O., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2019). Kajian Teori Behavioristik Stimulus Dan Respon Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Tarbawi, 16(2).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Syafri, E. P. E., & Kulsum, U. (2021). TikTok; Media Pembelajaran Alternatif dan Atraktif pada Pelajaran PPKn Selama Pandemi di SMP Negeri 2 Mertoyudan. Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika, 5(1), 110–115.
Syaifudin, A., & Elmasari, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Motivasi Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Plus Al Falah Rejotangan. Jurnal of Education and Information Communication Technology, 04(02), 1–12.
Published
2023-03-28
How to Cite
Pratiwi, E., Anderson, I., & Simaremare, T. (2023). Media Sosial Tiktok dan Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Journal of Civic Education, 5(4), 548-556. https://doi.org/10.24036/jce.v5i4.831

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.